Mengoptimalkan Fungsi Wake On Lan untuk menyalakan Komputer Jarak Jauh

Wake-on-LAN ( WoL ) adalah standar jaringan komputer Ethernet atau token ring yang memungkinkan komputer untuk dinyalakan atau dibangunkan oleh pesan jaringan.

Pesan biasanya dikirim ke komputer target oleh program yang dijalankan pada perangkat yang terhubung ke jaringan area lokal yang sama, seperti smartphone . Dimungkinkan juga untuk memulai pesan dari jaringan lain dengan menggunakan siaran diarahkan subnet atau layanan gateway WOL.

Istilah yang setara termasuk wake on WAN , remote wake-up , power on oleh LAN , power up oleh LAN, resume by LAN , resume on LAN dan wake up on LAN . Jika komputer yang dibangkitkan sedang berkomunikasi melalui Wi-Fi , standar tambahan yang disebut Wake on Wireless LAN (WoWLAN) harus digunakan.

untuk kali admin akan mulai membahas tentang Wake On Lan, fitur menghidupkan PC Client lewat LAN, berikut setting awal pada PC Client :

  1. kita masuk adapter, dengan cara klik kanan pada simbol network (kanan bawah PC), pilih open network and sharing center, lalu pilih Change adapter setting.

 

 

 

 

 

 

 

2. Pilih LAN yang kita gunakan, klik kanan Properties

 

 

 

 

 

 

 

3. Pilih Advanced, pastikan Value pada fitur Wake On LAN Enabled

 

 

 

 

 

 

 

4. Pilih Power Management, pastikan semua pilihan tercentang.

 

 

 

 

 

 

 

Lantas bagaimana dengan aplikasinya? admin menggunakan aplikasi yang biasa admin gunakan, yaitu Classroom Spy Professional. untuk lebih jelasnya tentang Classroom Spy Professional lihat disini. Dalam aplikasi ini sudah tersedia fitur turn On computer, Turn Off dan fitur-fitur lain wajib digunakan untuk memantau client.

 

 

 

 

 

 

Jika Fitur Turn On Computer tidak ditemukan di aplikasi classroom spy professional anda, silahkan download yang lebih update disini

Ada permasalahan dan cari info lebih banyak silahkan tulis di komentar.

Tinggalkan komentar